Hari Ini (Bukan) Ulang tahunku

     Hari ini bukan ulang tahunku, ulang tahunku beberapa bulan dari sekarang. lebih tepatnya tgl 29 april *ekhem*. di setiap tahunya, bahkan setiap hari didunia pasti ada yg berulang tahun. dan umumnya ketika seseorang bertambah umur. Mereka diberikan hadiah dan kue sebagai ucapan selamat. walau ngak semua diberikan hadiah dan kue pada saat ualng tahunya.

    Umumnya juga, orang orang yg sedang berulang tahun diberikan kejutan oleh kerabat, saudara, teman atau pun keluarga. hal ini sangat umum terjadi. Tapi tidak semua Makhluk atau lebih tepatnya Manusia dibumi ini mendapatkan Hal-hal yg lumrah terjadi pada saat mereka Ulang tahun.

    aku ingin tahu asal usul perayaan setiap tahun ini. apakah ini hal yg aneh pada zaman dulu atau tidak. Mari kita tanyakan ke guru semua umat, guru kita semua. Google. Kita cari dengan kata kunci "Asal Usul Ulang Tahun". Dikutip Dari Fimela.com setiap tradisi yg dilakukan pada saat perayaan ulang tahun, memiliki asal usulnya tersendiri. dari pada pusing mari kita To The Point aja.





Pertama kali yg melakukan tradisi ulang tahun adalah Bangsa mesir. Jauh sebelum kita lahir, saat firaun memakai mahkota untuk bangsa mesir kuno, masyarakat menganggapnya sebagai wujud dewa. sehingga hari tersebut dianggap lebih penting dibanding hari kelahiran masyarakat biasa didunia. Mungkin Hal ini juga bisa menjadi asal usul penggunaan mahkota untuk pemimpin suatu wilayah (Raja/ratu)

    Lalu, bangsa Yunani Menambahkan lilin saat ulang tahun, tujuan dari pemakaian lilin pada saat itu adalah menyesuaikan dengan bentuk kue. bentuk kue saat itu adalah berbentuk bulan mereka menambahkan lilin diatasnya sebagai refleki cahaya bukan dan kecantikan. dan saat ini tradisi ini dipakai oleh khalayak umum untuk merefleksikan ulang tahun sebagai awal kehidupan baru yg lebih bersinar. 

    Bangsa romawi kuno mulai rayakan ulang tahun untuk orang biasa, pada awalnya perayaan ulang tahun hanya untuk raja dan yg dianggap Dewa. namun bangsa romawi mujlai memperkenalkan perayaan ulang tahun untuk masyarakat 'biasa'. Orang biasa dapat merayakanya dengan teman dan kelauarga mereka. mereka juga mengenal tradisi memberi kado. dengan catatan, hanya pira yg boleh merayakan ulang tahun. Wanita baru diperbolehkan pada abad ke-12.

    Kue ulang tahun pertama kali diciptakan tukang roti german. ini bermula pada abad ke18. saat itu kue ualng tahun berbentuk roti dan diatasnya diberi lilin-lilin. yg jika ditiup (mitosnya0 dapat mengabulkan harapan. pada saat ini juga tradisi perayaan ulang tahun menyebar ke seluruh dunia

    Kue ualngtahun yg manis dan cantik hanya untuk orang kaya. kue yg mewah dan masin sebagai simbol manisnya pertambahan usia. pada masa itu roti dianggap makanan berkelas. maka diciptakan kue kue manis yg bentuknya cantik untuk perayaan ulang tahun keluarga kaya. tapi pada akhirnya, saat semua orang bisa membeli bahan kue dan bisa membautnya. tradisi ini menyebar ke seluruh duania

    Begitulah sekiranya asal usul perayaan ulang tahun, yg dikutp dari fimela.com. jika kamu mau membacanya lebih lanjut, kamu bisa scroll kebawah. nanti saya berikan link menuju halaman itu.

    setelah kita mengetahui asal usul dari perayaan ini, muncul dibenak saya. apakah perayaan ini sebegitu pentingnya sehingga kebanyakan org merayakan hal ini. bukanya bertambah umur sama aja kayak kita mendekati kematian? dari pandanganku sendiri tentang ini, aku tidak peduli. 

    aku tidak peduli orang mau merayakanya apa ngak. tapi, jangan lupakan juga orang orang yg kurang mampu. masa kita bersenang senang, sednagkan masih ada aja yg mikirin makan untuk besok. sedangkan kita, kita ngak perlu pusing besok mau makan apa.

    yg jadi permasalah disini, adalah keobsesian kamu terhadap ulang tahun ini (perayaanya). dengan ada nya ini kamu, jadi ingin sekali ulang tahun terus menerus dengan tujuan agar kamu dapat hadiah. kamu harus ingat, bahwa umur ngak ada yg tahu. dan hanya tuhan yg tau. mungkin besok atau satu jam dari sekarang kamu meniggal Wallahu a'lam (hanya allah yg lebih mengetahui. 

    aku berharap jika seseorang (termasuk aku) berulang tahun. justru org itu semakin dekat dengan tuhanya. bukanya dekat dengan tuhanya pada bulan ramadhan aja, bukan pada saat mereka ulang tahun aja setelah itu mereka (beberpa org) mengulangi dosa dosa yg mereka biasa kerjakan. 

    Ulang tahun itu mengurangi umur, bukanya bertambah. memang dengan berualng tahun cara pikir kita lebih matang. tapi jangan lupakan juga kematian yg menunggu kita dimasa depan nanti. 1 bualn, 1 tahun, atau 40 tahun dari sekarang? Wallahu a'lam.


    Topiknya mulai serius ya bund  karena topiknya sudah makin serius. mari kita akhiri tulisan ini dengan pengalam saya yg sudah 15 kali berulang tahun. tradisi keluarga kami, pada saat salah satu dari kami berulang tahun. kami memberikan ucapan selamat, dan juga nasihat dari orang tua kami. mereka selalu mengingatkan saya untuk terus dekat dengan allah, dan terus berusaha dalam hidup. mereka juga (orang tua) mengingatkan kita bahwa semakin bertambahnya umur sama aja kewajiban kita sebagai seorang hamba itu bertambah.

    Hadiah yg diberikan tidak begitu mahal. banyak macamnya yg diberikan. misalnya, tahun ini saya diberikan satu renceng goriorio. biskuit itu pemberian dari seluruh keluarga. senang? tentu, dari mana lagi jajanan sebesar 12rb untuk sendiri. tetapi, jelas adik adiku akan memintaya. atau beberapa tahun lalu

    Beberapa tahun lalu, adalah perayaan ulang tahun yg paling aku ingat hingga sekarang. saat itu aku masih berumur 3-5 tahun. aku diberiakn kejutan oleh ke-2 kakakku, saat itu aku baru pulang dari Kober. aku dikejutkan oleh kakak-kakakku yg menyambut ku dengan penuh hangat, dan ini jarang terjadi. biasanya aku masuk, pintu masuk kosong. saat itu tidak, mereka menungguku. mereka bersembunyi, dan mengejutkanku. 

    Setelah itu mereka memberikan kertas, yg isinya peta 'harta karun'. aku diperintahkan untuk mencari 'harta karun' itu. sebagai anak kecll yg polos, aku dibantu oleh salah satu kakakku. yg biasa dipanggil Teteh.

    karakter teteh ini sudah saya jelaskan 'fungsi'nya ditulisanku yg berjudul 'pacaran'. aku diarahakn oleh teteh ku ini untuk menuju 'harta karun' itu. walau tidak ada dekorasi yg meriah, dan juga tidak ada kue. hanya ada selembar kertas yg menunjukan ke arah 'harta karun'.

   

    ternyata setelah saya menemukan tempatnya. isinya adalah Kerupuk Blak yg 2000-an. tidak hanya disitu, Ada juga 2 hadiah lainya. tetapi aku lupa apa dua hal yg lain itu. Mungkin untuk sebagian org kerupuk ini tidak asing untuk dilihat. kerupuk yg menemani setaip makan dalam hidupku. tanpa kerupuk ini rasanya tidak lengkap. jika saja tidak, bisa digantikan. pokoknya yg paling utama dicari adalah kerupuk ini. kerupu terdebest. 

    Saat itu aku sangat senang setelah mengatahui bahwa hadiah yg diberikan ini. walau harganya tak seberapa. tapi, aku bisa menikmati sendirian tanpa harus khawatir di omeli ibu. keupuk yg selalu jadi bahan cemilan murah, walau ngak kenyang. tapi cukuplah untuk rasa dilidah, dan yg penting MURAH. 

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3726110/asal-usul-perayaan-ulang-tahun-lengkap-dengan-kue-dan-lilinnya

Komentar

Rekomendasi untuk kamu baca

Semester 1

Mencium Pipi