Day 1

30 Days Challange adalah sebuah tantangan untuk 30 hari kedepan. Seperti namanya, aku akan melakukan hal yang sama untuk 30 hari kedepan.  Motivasi utamaku untuk buat tantangan ini adalah untuk mengasah kemampuanku dalam menulis, juga mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan thaun ini.

Isi dari 30dayschallage ini bakal macem macem sesuai mood. Entah itu persepsi, pengalaman atau cerita pendek. Apapun tulisannya, biak itu jelek atau enggak bakal aku upload di Blog ini.

Kevin Anggara adalah orang yang menginspirasiku untuk melakukan ini. Dia beberapa bulan lalu sudah membuat hal yang sama sepertiku di blognya sendiri kevinanggara.com. Jujur, aku ngak ngikutin tulisannya. Tapi dari sana, aku mulai berniat untuk melakukan hal yang sama.

***

Ujikom.

6 Bulan akan terasa lama dan sempurna jika dinikmati dan dihabiskan dengan tawa. 6 Bulan akan berakhir dengan sempurna cepatnya. Memori indah kenangan yang terbangun dalam kepala. Susah senang bersama. Kebodohan demi kebodohan yang selalu tampil setiap minggunya.

Seperti acara TV yang memiliki waktu tayangnya sendiri. Fase ini sudah berada di episode terakhir. Semua pemeran, dari pemeran utama hingga pembantu akan memiliki series baru dalam kesempatan yang baru pula.

Perpisahan bukan perkara mudah. Apakah setelah ini semua selesai akan ada asing yang menyertai? Akankah ada tangis yang mengiringi? Apakah kengangan dan janji masih bisa ditepati?

Bagiku anak SMK, tahap pertama menuju kelulusan sudah aku tuntaskan. Ujian Kompetensi Keahlian. 1 Bulan yang panjang untuk mengerjakan satu project pembuatan promosi sebuah produk UMKM.

Tugasnya cukup sederhana. Kami diminta untuk memilih produk, setelah itu kami harus menyetorkan Foto Produk, Poster juga Iklan Produk pada penguji. Hanya ada 3 output dari tugas ini. Namun tahapan menuju akhir cukup panjang.

Kami membuat konsep kasarnya dulu di kertas HVS a4. Membayangkan apa yang akan kami kerjakan. Menentukan tema Poster juga iklan yang akan diambil, mengambar sketsa poster, membuat story board untuk acuan shoot footage vidio iklan.

Waktu 1 Bulan rasanya panjang. Namun dengan segala energi malas yang masih berkeliaran, waktu demi waktu disia siakan. Hingga pada akhirnya, aku bertemu pada Enjury time.

Kata orang, enjury time adalah waktu yang pas untuk mengerjakan tugas tugas yang sulit. Di waktu itu juga semua ide dan inspirasi datang lebih cepat 2 kali lipas. Apalagi mengerjakannya ketika malam hari. Ide demi ide, dan konsep yang tertuang dalam desain digital akhirnya telah selesai.

Satu tugaspun selesai, hasilnya sih ngak sama kayak sketsa yang telah dibuat. Tapi yasudahlah. Yang penting beres. Masih ada waktu beberapa minggu lagi untuk mengerjakan 2 tugas utama lainnya. Ditambah 2 tugas tambahan, yakni membuat Vidio Portofolio juga PowerPoint untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Foto Produk sudah, Desain Poster sudah. Kini adalah waktu yang di tentukan. Apakah desainnya diterima oleh pembimbing atau tidak. Semua orang khawatir dengan hasil desaiinnya sendiri. Satu persatu orang memasuki dan keluar ruang pembimbing. Ada yang aman, ada juga yang di revisi seluruhnya. Aku terbilang santai saat itu, di tengah teman temanku yang khawatir akan hasil posternya sendiri.

Giliranku tiba, aku menunjukan dengan Percaya Diri hasilku ini. Walau memang bukan yang terbaik, namun setidaknya inilah hasil paling maksimal yang bisa aku berikan. Produkku adalah roti instan siap makan. Rasanya coklat. Maka dari itu, dalam posterku akan ditemukan banyak sekali warna coklat disana. Sebenarnya itu yang aku khawatirkan. Warna coklat yang terlalu banyak.

Setelah diperhatikan dengan seksama oleh pembimbing. Aku diberikan masukan. Namun tidak begitu banyak yg berubah dari desainku. Hanya kata kata yang ditambahkan juga tone warna yang dirubah lebih cerah. Memang, dalam desain pertamaku posternya terlalu gelap. Menakutkan.

Segera aku langsung merevisi hasil posterku di software. Kata kata yang perlu ditambahkan aku tambahkan, dan warna yang diganti. Juga beberapa aspek kecil yang aku perbaiki atas kemauan sendiri. 2 Jam aku habiskan waktu untuk mengerjakan Revisi. Hari sudah mulai sore, aku menutup hari itu dengan poster yang aku anggap selesai. Aku tutup laptop, dan bergegas pulang untuk istirahat.

Mungkin akan panjang jika aku ceritakan seluruh proses aku melalui ujikom. Namun pada intinya. Ujikom adalah project terbesar yang pernah aku terima sepanjang aku sekolah. Berbeda dengan beberapa teman yang aku kenal di sekolah. Beberap diantara mereka sudah menerima project yang lebih besar dari ini, bahkan ada yang sudah menerima penghasilan dari hasil projectnya.

Setelah Ujikom berlalu, ada satu tahap yang harus kami kelas 12 selesaikan. Ujian Sekolah. Ujian tertulis biasa pengganti Ujian Nasional. Aku bersyukur UN sudah dihapuskan sejak 3 tahun lalu. Aku sulit membayangkan bagaimana bisa setelah Ujikom aku langsung menghadapi UN yang hanya diberi waktu 1minggu pemantapan.

US akan diadakan awal April, dimana masih dalam bulan ramadhan. Entah aku siap atau tidak. Yang pasti, 1 minggu akan diberikan waktu untuk persiapan Ujian Sekolah ini. Ini langkah terakhir untuk menamatkan fase Remaja. Ini adalah Klimaks dari perjalanan panjang.

Komentar

Rekomendasi untuk kamu baca

Semester 1

Mencium Pipi